Langsung ke konten utama

Membuat Gambar Objek Berbentuk Hati Menggunakan PyOpenGL

Halo semua, balik lagi nih dengan saya. Kali ini saya akan memberikan contoh source code untuk pembuatan gambar objek berbentuk hati, yaitu sebagai berikut :

Source Code :
from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * import numpy as np def init(): glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0) gluOrtho2D(-2.0, 2.0, -2.0, 2.0) def plotpoints(): glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT) glColor3f(0.0, 1.0, 0.0) glPointSize(13) glBegin(GL_LINES) glVertex2f(-500, 0) glVertex2f(500, 0) #glColor3f digunakan sebagai warna garis horizontal dan vertical yang tertera
pada screen capture
glVertex2f(0, -500) glVertex2f(0, 500) glEnd() heart_shape() glFlush() def heart_shape(): glBegin(GL_LINE_STRIP) glColor3f(0.0, 1.0, 0.0) x = -1.139 #digunakan untuk fill gambar, disini saya memakai warna hijau while(x <= 1.139): delta = np.cbrt(x*x) * np.sqrt(x*x) - 4*x*x + 4 y1 = (np.cbrt(x*x) + np.sqrt(delta)) / 2 y2 = (np.cbrt(x*x) - np.sqrt(delta)) / 2 glVertex2f(x, y1) glVertex2f(x, y2) x += 0.001 glEnd() def main(): glutInit(sys.argv) glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB) glutInitWindowSize(500, 500) glutInitWindowPosition(100, 100) glutCreateWindow("Heart Shape") glutDisplayFunc(plotpoints) init() glutMainLoop() main()
Output dari source code diatas adalah sebagai berikut :



Sekian dan terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Piramida 3D Menggunakan PyOpenGL

Bagaimana sih cara membuat piramida 3 dimensi? Langsung saja ya kita bahas. Sebuah piramida terdiri dari :  1 alas,  4 sisi, dan  5 sudut. Berikut langkah-langkahnya : 1. B uat fungsi rgb() untuk memudahkan konversi format dari warna rgb ke format warna PyOpenGL . # Fungsi konversi rgb def rgb(n): return n / 255.0 2.  Buat fungsi pivot() untuk tampilan garis pivot x,y,z untuk mempermudah dalam membuat bentuk 3D. # Fungsi Pivot def pivot(): glBegin(GL_LINES) glColor3f(1,0,0) #merah x glVertex3f(10,0,0) glVertex3f(-10,0,0) glColor3f(0,1,0) #hijau y glVertex3f(0,10,0) glVertex3f(0,-10,0) glColor3f(0,0,1) #biru x glVertex3f(0,0,10) glVertex3f(0,-0,-10) glEnd() 3. B uat fungsi piramida() untuk membuat bentuk piramida 3D. # Bentuk Piramida 3D def piramida(): # Depan glBegin(GL_LINE_STRIP) glColor3f(rgb(231),rgb(1),rgb(10)) glVertex3f(-1.0, -1.0, 1.0) glVertex3f(1.0, -1.0, 1.0) glV...

Event Handling Mouse dan Keyboard pada PyOpenGL

Hai teman-teman, kali ini saya akan memberi contoh penerapan Event Handling pada Mouse dan Keyboard. Langsung simak saja ya. OpenGL menyediakan fungsi yang didefinisikan oleh user dan dipanggil pada saat ada event yang bersesuaian. OpenGL memonitor peralatan input, ketika ada sesuatu yang terjadi,misalkan saat mouse down , key press , dan lain-lain. Pada OpenGL terdapat fungsi Callback GLUT, yaitu fungsi yang berjalan saat ada kejadian (event-driven). Program-program yang menggunakan window untuk input/output,menunggu sampai ada kejadian dan kemudian mengeksekusi beberapa fungsi yang didefinisikan sebelumnya berdasarkan input dari user. Kejadian yang dimaksud : key press, mouse button press dan release, window resize , dan lain-lain. Program OpenGL yang dibuat akan berjalan tak terbatas ( infinite loop ). EVENT KEYBOARD glutKeyboardFunc(nama_fungsi) def nama_fungsi(key, x, y) Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah tombol keyboard di tekan. Parameter key me...

Event Handling pada Mouse & Keyboard dengan Font & Text pada PyOpenGL

Hai semua, kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan memberikan contoh penerapan  Event Handling pada Mouse & Keyboard dengan Font & Text pada PyOpenGL.  Untuk menjalankan program font & text, diperlukan Library OpenGLContext, PyVRML97, dan Pillow. Ketiga library ini harus sudah ter- install sebelumnya. Simak penjelasan berikut. 1. Tambahkan library OpenGLContext from OpenGLContext import testingcontext from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * 2.  Buat variable public # Koordinat x dan y untuk posisi kotak pos_x = 0 pos_y = 0 # Warna Kotak merah = 0 hijau = 0 biru = 0 # Teks Warna Objek warna_objek = "Hitam" # Teks Warna Background warna_background = "Hitam" 3.  Buat fungsi drawBitmapText(), reshape(), dan drawText untuk memproyeksikan teks pada window def drawBitmapText(string,x,y,z) : glRasterPos3f(x,y,z) for c in string : glutBitmapCharacter(GLUT_BITMAP_TIMES_ROMAN_24,ord(c)) de...