Langsung ke konten utama

Menggambar Rumah Menggunakan Python OpenGL

Halo semua, di postingan pertama ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat gambar Rumah Sederhana menggunakan Python OpenGL. Disini perangkat yang digunakan adalah Python versi 3.7.1 dan Visual Studio Code.
Berikut codenya :

1. Import Modul OpenGL

from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *

2. Menyiapkan Lembar Kerja


def init():
    glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)
    gluOrtho2D(-100.0, 100.0, -100.0, 100.0)
    

3. Menuliskan Titik Koordinat Gambar

def ploting():
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT)

# jendela 1
    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(60, 10)
    glVertex(45, 10)
    glVertex(45, 40)
    glVertex(60, 40)
    
    glEnd()
    glFlush()

    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(61, 10)
    glVertex(44, 10)
    glVertex(44, 41)
    glVertex(61, 41)
    
    glEnd()
    glFlush()

# jendela 2
    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(-30, 20)
    glVertex(-20, 20)
    glVertex(-20, 35)
    glVertex(-30, 35)
    
    glEnd()
    glFlush()

    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(-31, 20)
    glVertex(-19, 20)
    glVertex(-19, 36)
    glVertex(-31, 36)
    
    glEnd()
    glFlush()

    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINES)
    glVertex(-25.0, 20.0)
    glVertex(-25.0, 35)
    glVertex(-20.0, 27.5)
    glVertex(-30, 27.5)
    
    glEnd()
    glFlush()


 # Kotak Rumah
    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(-50, 0)
    glVertex(70, 0)
    glVertex(70, 50)
    glVertex(-50, 50)
    
    glEnd()
    glFlush()

# pintu
    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(0, 2)
    glVertex(15, 2)
    glVertex(15, 40)
    glVertex(0, 40)
    
    glEnd()
    glFlush()

# modif
    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(2, 12)
    glVertex(13, 12)
    glVertex(13, 38)
    glVertex(2, 38)
    
    glEnd()
    glFlush()

    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(2, 4)
    glVertex(6, 4)
    glVertex(6, 10)
    glVertex(2, 10)
    
    glEnd()
    glFlush()

    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex(9, 4)
    glVertex(13, 4)
    glVertex(13, 10)
    glVertex(9, 10)
    
    glEnd()
    glFlush()

# samping rumah
    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_POLYGON)
    glVertex(-60, 10)
    glVertex(-50, 0)
    glVertex(-50, 50)
    glVertex(-60, 50)
    
    glEnd()
    glFlush()

# Atap
    glColor3f(1, 0, 0)
    glBegin(GL_POLYGON)
    glVertex(-65, 50)
    glVertex(75, 50)
    glVertex(30, 80)
    glVertex(-20, 80)
    
    glEnd()
    glFlush()

# tangga
    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINES)
    glVertex(-50.0, 2)
    glVertex(0, 2)

    glEnd()
    glFlush()

    glColor3f(1, 0.7, 0.2)
    glBegin(GL_LINES)
    glVertex(15, 2)
    glVertex(70, 2)
    
    glEnd()
    glFlush()
    

def main():
    glutInit(sys.argv)
    glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB)
    glutInitWindowSize(800,800)
    glutInitWindowPosition(10,10)
    glutCreateWindow("Rumah")
    glutDisplayFunc(ploting)
    
Ket :
def rumah() berisikan syntax untuk menggambar bagian-bagian rumah.
glClear() = digunakan untuk membersihkan layar.
glColor3f() = digunakan untuk memberi warna pada objek.
glBegin() = digunakan untuk memulai menggambar sebuah objek seperti persegi, titik, garis, poligon, dll.
glVertex() = digunakan untuk menunjukkan di titik koordinat yang mana objek dalam gambar.
glEnd() = digunakan untuk mengakhiri gambar sebuah objek.

4. Deklarasi Syntax


def main():
    glutInit(sys.argv)
    glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB)
    glutInitWindowSize(800,800)
    glutInitWindowPosition(10,10)
    glutCreateWindow("Rumah fadlan")
    glutDisplayFunc(ploting)
    

    init()
    glutMainLoop()
main()
Ket : 
glutInit() = untuk membuat windows
glutInitDisplayMode() = untuk inisalisasi window OpenGL
glutInitWindowSize() = untuk mengatur ukuran window
glutInitWindowPosition() = untuk mengatur posisi window muncul
glutCreateWindow() = untuk memberi nama pada window
glutDisplayFunc(rumah) = untuk memanggil perintah yang sudah kita buat yaitu rumah
glutMainLoop() = untuk melakukan Looping
Dan berikut adalah tampilan output dari code-code diatas :

Sekian dan Terima Kasih.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Piramida 3D Menggunakan PyOpenGL

Bagaimana sih cara membuat piramida 3 dimensi? Langsung saja ya kita bahas. Sebuah piramida terdiri dari :  1 alas,  4 sisi, dan  5 sudut. Berikut langkah-langkahnya : 1. B uat fungsi rgb() untuk memudahkan konversi format dari warna rgb ke format warna PyOpenGL . # Fungsi konversi rgb def rgb(n): return n / 255.0 2.  Buat fungsi pivot() untuk tampilan garis pivot x,y,z untuk mempermudah dalam membuat bentuk 3D. # Fungsi Pivot def pivot(): glBegin(GL_LINES) glColor3f(1,0,0) #merah x glVertex3f(10,0,0) glVertex3f(-10,0,0) glColor3f(0,1,0) #hijau y glVertex3f(0,10,0) glVertex3f(0,-10,0) glColor3f(0,0,1) #biru x glVertex3f(0,0,10) glVertex3f(0,-0,-10) glEnd() 3. B uat fungsi piramida() untuk membuat bentuk piramida 3D. # Bentuk Piramida 3D def piramida(): # Depan glBegin(GL_LINE_STRIP) glColor3f(rgb(231),rgb(1),rgb(10)) glVertex3f(-1.0, -1.0, 1.0) glVertex3f(1.0, -1.0, 1.0) glV...

Event Handling Mouse dan Keyboard pada PyOpenGL

Hai teman-teman, kali ini saya akan memberi contoh penerapan Event Handling pada Mouse dan Keyboard. Langsung simak saja ya. OpenGL menyediakan fungsi yang didefinisikan oleh user dan dipanggil pada saat ada event yang bersesuaian. OpenGL memonitor peralatan input, ketika ada sesuatu yang terjadi,misalkan saat mouse down , key press , dan lain-lain. Pada OpenGL terdapat fungsi Callback GLUT, yaitu fungsi yang berjalan saat ada kejadian (event-driven). Program-program yang menggunakan window untuk input/output,menunggu sampai ada kejadian dan kemudian mengeksekusi beberapa fungsi yang didefinisikan sebelumnya berdasarkan input dari user. Kejadian yang dimaksud : key press, mouse button press dan release, window resize , dan lain-lain. Program OpenGL yang dibuat akan berjalan tak terbatas ( infinite loop ). EVENT KEYBOARD glutKeyboardFunc(nama_fungsi) def nama_fungsi(key, x, y) Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah tombol keyboard di tekan. Parameter key me...

Membuat Gambar Objek Berbentuk Hati Menggunakan PyOpenGL

Halo semua, balik lagi nih dengan saya. Kali ini saya akan memberikan contoh source code untuk pembuatan gambar objek berbentuk hati, yaitu sebagai berikut : Source Code : from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * import numpy as np def init(): glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0) gluOrtho2D(-2.0, 2.0, -2.0, 2.0) def plotpoints(): glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT) glColor3f(0.0, 1.0, 0.0) glPointSize(13) glBegin(GL_LINES) glVertex2f(-500, 0) glVertex2f(500, 0) #glColor3f digunakan sebagai warna garis horizontal dan vertical yang tertera pada screen capture glVertex2f(0, -500) glVertex2f(0, 500) glEnd() heart_shape() glFlush() def heart_shape(): glBegin(GL_LINE_STRIP) glColor3f(0.0, 1.0, 0.0) x = -1.139 #digunakan untuk fill gambar, disini saya memakai warna hijau while(x <= 1.139): delta = np.cbrt(x*x) * np.sqrt(x*x) - 4*x*x + 4 y1 = (np.cbrt(x*x) + np.sqrt(delta...