Langsung ke konten utama

Membuat Gambar Matahari dengan PyOpenGL

Hai teman-teman, saya kembali lagi nih. Kali ini, saya akan memberikan contoh bagaimana cara membuat sebuah gambar matahari  menggunakan PyOpenGL. Berikut contoh source code beserta pembahasannya.


Source Code :
from OpenGL.GL import *
from OpenGL.GLU import *
from OpenGL.GLUT import *

def init():
    glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0)
    gluOrtho2D(-500.0, 500.0, -500.0, 500.0)

def plotpoints():
    glColor3f(1.,1.0,0.)
    for i in range(0,19):
        s = 20
        glRotatef(s, 0.0, 0.0,1.0)
        segitiga()        

    glFlush()

def segitiga():
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex2f(-50.0,0.0)
    glVertex2f(50.0,0.0)
    glVertex2f(0.0,200.0)
    glEnd()


def main():
    glutInit(sys.argv)
    glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB)
    glutInitWindowSize(500,500)
    glutInitWindowPosition(100,100)
    glutCreateWindow("Matahari")
    glutDisplayFunc(plotpoints)

    init()
    glutMainLoop()
    
main()
Untuk membuat matahari, kita akan menggunakan bentuk segitiga yang dirotasi sebanyak 18 kali dengan jarak sudut tiap rotasi sebanyak 20 derajat.
Langkah-langkah :
1. Buat fungsi untuk membuat bentuk segitiga
def segitiga():
    glBegin(GL_LINE_LOOP)
    glVertex2f(-50.0,0.0)
    glVertex2f(50.0,0.0)
    glVertex2f(0.0,200.0)
    glEnd()
Output segitiga :
Jika ingin bentuk segitiga bergaris biasa, gunakan GL_LINE_LOOP. Dan jika ingin bentuk segitiga yang terisi full, maka gunakan GL_TRIANGLES.

2. Setelah itu, rotasikan bentuk segitiga tersebut dengan fungsi glRotatef() dengan jarak sudut  sebanyak 20 derajat dan lakukan perulangan sebanyak 18 kali. Maka akan terbentuk segitiga sebanyak 18 buah yang berotasi dengan jarak sudut antar segitiga sebanyak 20 derajat.
def plotpoints():
    glColor3f(1.,1.0,0.)
    for i in range(0,19):
        s = 20
        glRotatef(s, 0.0, 0.0,1.0)
        segitiga()        

    glFlush()
Output untuk bentuk matahari dengan segitiga menggunakan GL_LINE_LOOP :
Output untuk gambar matahari dengan segitiga menggunakan GL_TRIANGLES :
Sekian dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Piramida 3D Menggunakan PyOpenGL

Bagaimana sih cara membuat piramida 3 dimensi? Langsung saja ya kita bahas. Sebuah piramida terdiri dari :  1 alas,  4 sisi, dan  5 sudut. Berikut langkah-langkahnya : 1. B uat fungsi rgb() untuk memudahkan konversi format dari warna rgb ke format warna PyOpenGL . # Fungsi konversi rgb def rgb(n): return n / 255.0 2.  Buat fungsi pivot() untuk tampilan garis pivot x,y,z untuk mempermudah dalam membuat bentuk 3D. # Fungsi Pivot def pivot(): glBegin(GL_LINES) glColor3f(1,0,0) #merah x glVertex3f(10,0,0) glVertex3f(-10,0,0) glColor3f(0,1,0) #hijau y glVertex3f(0,10,0) glVertex3f(0,-10,0) glColor3f(0,0,1) #biru x glVertex3f(0,0,10) glVertex3f(0,-0,-10) glEnd() 3. B uat fungsi piramida() untuk membuat bentuk piramida 3D. # Bentuk Piramida 3D def piramida(): # Depan glBegin(GL_LINE_STRIP) glColor3f(rgb(231),rgb(1),rgb(10)) glVertex3f(-1.0, -1.0, 1.0) glVertex3f(1.0, -1.0, 1.0) glV...

Event Handling Mouse dan Keyboard pada PyOpenGL

Hai teman-teman, kali ini saya akan memberi contoh penerapan Event Handling pada Mouse dan Keyboard. Langsung simak saja ya. OpenGL menyediakan fungsi yang didefinisikan oleh user dan dipanggil pada saat ada event yang bersesuaian. OpenGL memonitor peralatan input, ketika ada sesuatu yang terjadi,misalkan saat mouse down , key press , dan lain-lain. Pada OpenGL terdapat fungsi Callback GLUT, yaitu fungsi yang berjalan saat ada kejadian (event-driven). Program-program yang menggunakan window untuk input/output,menunggu sampai ada kejadian dan kemudian mengeksekusi beberapa fungsi yang didefinisikan sebelumnya berdasarkan input dari user. Kejadian yang dimaksud : key press, mouse button press dan release, window resize , dan lain-lain. Program OpenGL yang dibuat akan berjalan tak terbatas ( infinite loop ). EVENT KEYBOARD glutKeyboardFunc(nama_fungsi) def nama_fungsi(key, x, y) Fungsi ini mencatat apa yang terjadi ketika sebuah tombol keyboard di tekan. Parameter key me...

Membuat Gambar Objek Berbentuk Hati Menggunakan PyOpenGL

Halo semua, balik lagi nih dengan saya. Kali ini saya akan memberikan contoh source code untuk pembuatan gambar objek berbentuk hati, yaitu sebagai berikut : Source Code : from OpenGL.GL import * from OpenGL.GLU import * from OpenGL.GLUT import * import numpy as np def init(): glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0) gluOrtho2D(-2.0, 2.0, -2.0, 2.0) def plotpoints(): glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT) glColor3f(0.0, 1.0, 0.0) glPointSize(13) glBegin(GL_LINES) glVertex2f(-500, 0) glVertex2f(500, 0) #glColor3f digunakan sebagai warna garis horizontal dan vertical yang tertera pada screen capture glVertex2f(0, -500) glVertex2f(0, 500) glEnd() heart_shape() glFlush() def heart_shape(): glBegin(GL_LINE_STRIP) glColor3f(0.0, 1.0, 0.0) x = -1.139 #digunakan untuk fill gambar, disini saya memakai warna hijau while(x <= 1.139): delta = np.cbrt(x*x) * np.sqrt(x*x) - 4*x*x + 4 y1 = (np.cbrt(x*x) + np.sqrt(delta...